Terobosan SMAN 21 Makassar Agar Siswa Lebih Santai Hadapi Ujian Semester

By Admin


nusakini.com-Makassar-SMAN 21 Makassar kembali melakukan terobosan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sekolah yang mengusung konsep 'Ramah Anak' dalam proses belajar-mengajar memanfaatkan teknologi saat mengggelar ujian semester ganjil buat anak didiknya.

Pemanfaatan teknologi yang dimaksud adalah seluruh pertanyaan dan jawaban soal ujian semester masing-masing dikerjakan lewat laptop atau telepon seluler berbasis android. "Kami menyediakan wifi secara gratis untuk membantu memperlancar para siswa-siswi mengerjakan soal-soal ujiannya," ujar Mirdan Midding, kepala sekolah SMAN 21 Makassar, Selasa (11/12).


Pihak sekolah juga memberi keleluasaan para siswanya memilih tempat di lingkungan sekolah untuk mengerjakan soal-soal ujian semester yang berlangsung pada 3-11 Desember. "Bisa di halaman sekolah atau di kelas. Terserah mereka. Tujuannya agar para siswa lebih rileks dan santai dalam mengerjakan soal-soal ujiannya," terang Mirdan.

Menurut Mirdan, langkah yang ditempuh pihaknya ini sesuai dengan program Pemprov Sulawesi Selatan terkait pemanfaatan teknologi dan efisien anggaran. "Cara seperti ini biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan ujian yang memakai kertas," papar Mirdan.

Mirdan menambahkan, langkah yang ditempuhnya ini juga merupakan bagian dari revolusi mental di dunia pendidikan Indonesia. "Saya juga meminta para pengawas lebih bersahabat kepada anak didik. Semoga apa yang kami terapkan di SMAN 21 Makassar ini bisa jadi contoh buat sekolah lain," pungkas Mirdan yang pernah meraih penghargaan sebagai kepala sekolah paling inovatif di Makassar pada 2017 ini. (ab)